Kamis, 24 September 2020

 

Nama      : Dewi Ariana

Kelas       : MI 19 A

NPM       :  2019330011 

 

Halo semuanya, kembali lagi bersama saya, Dewi Ariana..

ga kerasa ya guys, pandemi COVID - 19 udah berjalan hampir 7 bulan, semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat yaa dan kita berdoa sama - sama semoga pandemi ini segera berakhir. Aamiin.

Kali ini, saya akan membahas mengenai aplikasi - aplikasi yang menggunakkan OOP (Objek Oriented Programming), sebelumnya saya akan mengulas kembali sedikit tentang OOP.

OOP (Object Oriented Programming) adalah metode pemograman yang berorientasi kepada objek yang bertujuan untuk mempermudah pengembangan program, dan banyak aplikasi - aplikasi yang menggunakkan OOP loh, yuk langsung ajaa 😀

 1. Visual FoxPro

Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan prosedural dari Microsoft. Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal 1984. Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE ditambahkan awalan "Visual".

Versi terakhir FoxPro (9.0) dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS, DOS, Windows, dan Unix. Visual FoxPro 3.0, versi "Visual" pertama, akhirnya tersingkir karena hanya mendukung Mac OS dan Windows, dan versi berikutnya hanya mendukung Windows saja. Versi terkini Visual FoxPro adalah berdasarkan teknologi COM dan Microsoft telah menyatakan bahwa mereka tidak berniat untuk menciptakan versi Microsoft .NET

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Visual_FoxPro

 

2. Microsoft Visual Basic .NET 


Microsoft Visual Basic .NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework, dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini, para programmer dapat membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line. Alat ini dapat diperoleh secara terpisah dari beberapa produk lainnya (seperti Microsoft Visual C++, Visual C#, atau Visual J#), atau juga dapat diperoleh secara terpadu dalam Microsoft Visual Studio .NET. Bahasa Visual Basic .NET sendiri menganut paradigma bahasa pemrograman berorientasi objek yang dapat dilihat sebagai evolusi dari Microsoft Visual Basic versi sebelumnya yang diimplementasikan di atas .NET Framework. Peluncurannya mengundang kontroversi, mengingat banyak sekali perubahan yang dilakukan oleh Microsoft, dan versi baru ini tidak kompatibel dengan versi terdahulu.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic_.NET

 

3. NetBeans

 Cara Install Netbeans IDE 7.1 Di ubuntu 12.04 | Pinguin Kecil

NetBeans adalah suatu serambi pengembangan pernagkat lunak yang ditulis dalam bahasa pemograman Java. Serambi Pada NetBeans, pengembangan suatu aplikasi dapat dilakukan dimulai dari setelan perangkat lunak modular bernama modules. Semula, aplikasi NetBeans IDE ini diperuntukkan bagi pengembangan dalam Java. Namun, aplikasi ini juga mendukung program-program pembuatan bahasa lain secara khusus seperti PHP, C/C++, dan HTML5. NetBeans adalah alat lintas serambi serta penerapannya dijalankan pada Microsoft Windows, Mac OS X, Linus, Solaris dan serambi-serambi lainnya yang mendukung JVM yang sepadan. 

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/NetBeans 


4. Phyton

www.python.org/static/community_logos/python-lo...

Phyton adalah bahasa pemograman tujuan umum yang ditafsirkan, tingkat tinggi. Dibuat oleh Guido Van Rossum dan pertama kali dirilis pada tahun 1991, filosofi desain Python menekankan keterbacaan kode dengan penggunaan spasi putih yang signifikan. Kontruksi bahasanya dan pendekatan berorientasi objek bertujuan untuk membantu programmer menulis kode yang jelas dan logis untuk proyek skala kecil dan besar.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Python_(bahasa_pemrograman)

 

5.  Delphi

 Delphi XE2 IDE Screen shot.jpg

Delphi adalah sebuah Lingkungan Pengembangan Terpadu (IDE) untuk mengembangkan aplikasi konsol, dekstop, web, ataupun perangkat mobile. Produk ini pada awalnya dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik Embarcadero divisi tersebut sebelumnya adalah milik Borland. Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal, pascal dengan ekstensi Pemograman Berorientasi Objek (PBO/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk platform Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk berbagai platform seperti Mac OS X, iOS, Android (lihat di bawah).

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Embarcadero_Delphi


6. Eiffel

 

 Logo Eiffel

 

Eiffel adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dirancang oleh Bertrand Meyer (pendukung orientasi objek dan penulis Konstruksi Perangkat Lunak Berorientasi Objek ) dan Perangkat Lunak Eiffel. Meyer memahami bahasa tersebut pada tahun 1985 dengan tujuan meningkatkan keandalan pengembangan perangkat lunak komersial; ]versi pertama tersedia pada tahun 1986. Pada tahun 2005, Eiffel menjadi bahasa standar ISO.

Desain bahasa terkait erat dengan metode pemrograman Eiffel. Keduanya didasarkan pada sekumpulan prinsip, termasuk desain berdasarkan kontrak , pemisahan perintah-permintaan , prinsip akses seragam , prinsip pilihan tunggal , prinsip buka-tutup , dan pemisahan opsi-operan .

Banyak konsep yang awalnya diperkenalkan oleh Eiffel kemudian masuk ke dalam Java , C # , dan bahasa lainnya. Ide desain bahasa baru, terutama melalui proses standardisasi Ecma / ISO , terus dimasukkan ke dalam bahasa Eiffel.

sumber : terjemahan dari  https://en.wikipedia.org/wiki/Eiffel_

 

Nah, semua yang udah disebutkan di atas itu baru beberapa aja lhoo.. masih banyak kok aplikasi - aplikasi yang menggunakan OOP sebagai pemogramannya. Sampai jumpa di postingan berikutnya yaa semua. Sekian dan Terima Kasih🙏.

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Percabangan IF dan Switch Case Pada Java Netbeans

Nama          : Dewi Ariana Kelas        : MI 19 A NPM          : 2019330011                                                    Percabangan ...